l

What You See is What You Get

Daftar Rumah Dijual & Disewa Kebayoran Baru


Yth. Bapak Ibu berniat berencana menjual dan sewakan properti milik Bapak Ibu di Jakarta Selatan boleh Amri memasarkan, bisa telp/sms/ WA/ BBM ke Amri

Wednesday, June 25, 2008

Masjid Al-Ikhlash

Foto: Amri Sukmawan
Masjid Al-Ikhlash, Pejaten Barat
Masjid Al-Ikhlash awalnya adalah sebuah musholla yang dibangun pada masa penjajahan Belanda di atas tanah wakaf H. Entong, orang tua H. Kurnain pengurus masjid Al-Ikhlash saat ini. Tahun pasti kapan musholla ini dibangun, pengurus masjid Al-Ikhlash tidak mengetahui dengan pasti karena musholla ini sudah sangat tua. Kemudian pada tahun 1974, musholla Al-Ikhlash dibangun menjadi sebuah masjid dengan luas 300 m2. Perkembangan penduduk yang semakin pesat, pada tahun 1985 masjid Al-Ikhlash diperluas lagi dengan menambah 300 m2 dan dibangun menjadi dua lantai. Sehingga masjid Al-Ikhlash mampu menampung lebih dari 1000 jamaah.

Pembangunan masjid ini adalah hasil swadaya masyarakat setempat dan bantuan dari pihak luar. Menurut H. Kurnain selama membangun masjid pada tahun 1974 sampai pada renovasi yang kedua, panitia pembangunan masjid tidak pernah kekurangan dana bahkan dana yang dikumpulkan oleh panitia pembangunan masjid masih terdapat dana yang lebih.

Susunan Pengurus Masjid Al-Ikhlash

Ketua Masjid : H. Kurnain
Sekretaris : Khairuddin
Bendahara : H. Mahfudz
Susunan Pengurus Yayasan Yatim-Piatu Kurnia Al-Ikhlash
Ketua : H. Kurnain
Sekretaris : H. Mahfudz

Majlis Ta’lim
Bapak-bapak
Pengajar : Dr. Azra’i
Waktu : Sabtu, 18.30 (Ba’da Maghrib sampai Isya’)

Kajian : Kitab Fiqh
Jamaah : 50 Orang
Pengajar : H. Kurnain
Waktu : Kamis, 18.30 WIB (Ba’da Maghrib sampai Isya’)
Kajian : Pembacaan Surat Yaasin, Tahlil, dan Tafsir Munir (Tafsir Al-Qur’an)
Jamaah : 50 Orang

Remaja Masjid
Pengajar : Ust. Abdul Syukur
Pembimbing : Ust. Khairuddin
Kajian : pembahasan Fiqh dan Ceramah Agama
Jamaah : 40 Orang

Kegiatan Sosial
Kegiatan sosial masjid Al-Ikhlash adalah santunan terhadap Yatim-Piatu di bawah kendali pengurus yayasan yatim-piatu Kurnia Al-Ikhlash. Kegiatan santunan ini telah berjalan sejak tahun 1985 atau sejak masjid direnovasi menjadi dua lantai. Saat ini, yayasan memberikan santunan terhadap 138 anak yatim-piatu baik tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, dan SMA. Santunan yang diberikan berupa uang sekolah, uang makan, dan uang kesehatan. Setiap bulan paling tidak dana yang dikeluarkan oleh yayasan yatim-piatu Kurnia Al-Ikhlash untuk santunan ini sebesar 15 juta rupiah. Selama memberikan bantuan, yayasan yatim-piatu Kurnia Al-Ikhlash telah berhasil mengantarkan tiga orang yatim-piatu sampai kejenjang sarjana.

Selain itu, pengurus yayasan yatim-piatu Kurnia Al-Ikhlash pernah mengalami pengalaman menemukan kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan, terutama untuk biaya sekolah anak-anak mereka (kaum dhuafa). Ternyata mereka (kaum dhuafa) ini telah ditawari oleh pihak lain dengan syarat mau dibaptis. Maka, pengurus yayasan yatim-piatu ini memberikan bantuan agar keimanan mereka terselamatkan dari pemurtadan. (zar, www.pkesinteraktif.com)

Sumber : http://www.pkesinteraktif.com